Ribuan Peserta Hadiri Apel Nusantara Bersatu

Manggar, Humas Beltim—–Ribuan peserta di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menghadiri Apel Nusantara Bersatu di Gedung Auditorium Zahari Mz, Pemkab Beltim, Rabu (30/11).
Bupati Beltim Yuslih Ihza, Ketua DPRD Beltim Tom Haryono, Danrem 0414 Belitung Letkol Kav. Eko Saptono, Kapolres Beltim AKBP Nono Wardoyo Kapolres Belitung dan unsur forkominda, tokoh agama hingga para pelajar yang hadir menggunakan ikat kepala warna merah putih. Hal ini tak lain sebagai peningkatan ketahanan bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI
Yuslih mengatakan Apel Nusantara Bersatu ini sebagai bentuk jawaban di tengah adanya isu makar oleh pihak yang ingin memecah belah bangsa.
“Meski isu makar belum terbukti jelas namun saya mengajak bahwa isu tersebut jangan dianggap sepele. Jika kita tidak waspada dan bersatu maka bukan mustahil ancaman itu akan menjadi kenyataan,” kata Yuslih dalam sambutannya.
Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berdoa bersama menjaga keutuhan NKRI.
“Mari kita berdoa bersama untuk keutuhan NKRI. Saya mengajak segenap elemen masyarakat agar senantiasa mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan kelompok, suku maupun golongan. Indonesia milik kita bersama, bila ada ancaman pun kita atasi bersama-sama,” ujar Bupati.
Dalam apel tersebut seluruh peserta mengikuti pembacaan ikrar Indonesia Bersatu yang isinya: pertama, akan menjunjung tinggi dan mengamalkan Pancasila dengan berpegang teguh pada UUD 1945. Kedua, Menghormati dan melaksanakan kewajiban dan hak sebagai WNI dengan penuh rasa tanggungjawab dengan sebaik-baiknya. Ketiga, akan selalu menciptakan dan memelihara rasa aman, tertib, nyaman dan tentram tanpa ada perbedaan suku, agama dan golongan. Keempat, sanggup untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta kedaulatan NKRI. Kelima, menolak segala bentuk paham radikalisme, anti Pancasila dan intoleransi yang dapat menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat Pulau Belitung.

Penulis: Vera

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Lost your password?