Dorong Perubahan Poli Pikir Konsumtif Rumah Tangga Miskin

Manggar, Diskominfo Beltim – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Beltim, Peris Nainggolan angkat suara terkait adanya temuan pemberian bantuan yang salah sasaran. Kepada Diskominfo Beltim, Kamis (9/2) Ia menyatakan ada dua kemungkinan yang terjadi. Satu, keluarga memang dianggap layak menerima bantuan karena standard kehidupannya. Dan yang ke dua adanya inclusion error atau salah sasaran.

“Kita sedang mengembangkan melalui pelatihan yang sedang dijalankan dimana akan dibangun mekanisme pemutakhiran data yang dikenal dengan MPM. Melalui model proyek percontohan ini, data pemerintah daerah akan langsung terhubungkan dengan BDT Program
Penanganan Fakir Miskin (PPFM) Kementerian Sosial, sehingga diharapkan tahun berikutnya terjadi perubahan bagi si penerima
program yang memang ditemukan tidak layak lagi,” terang Peris.

Namun Mantan Asisten II Bupati Beltim tersebut menyatakan selama ini adanya temuan lebih diakibatkan oleh adanya pola pikir konsumtif sebagian kecil masyarakat miskin. Untuk itu, Ia menghimbau agar masyarakat miskin penerima bantuan PKH dapat merubah mind set mereka dalam memanfaatkan dana yang bersumber dari bantuan program.

“Pemerintah pusat dan daerah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan daya beli dan mengurangi beban ekonomi masyarakat melalui progam perlindungan sosial seperti PKH, Program Indonesia Pintar, ataupun Program Indonesia Sehat. Dana yang diberikan itu harus digunakan sesuai peruntukan dan tidak digunakan untuk kebutuhan atau pola hidup konsumtif seperti membeli kendaraan motor mewah atau perhiasan,” ujarnya.

Peris pun berharap masyarakat dapat mendukung dengan upaya pengentasan kemiskinan yang diimbangi dengan perubahan pola pikir di masyarakat. Upaya pemenuhan kebutuhan dasar mereka tersebut sesuai dengan amanat Bupati dan Wakil yang tercermin melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). @2!

Penulis: Fauzi Akbar
Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Lost your password?