Harapan Bupati Saat Doa Bersama Satu Tahun Kepemimpinan

Manggar, Diskominfo Beltim – Masalah keterbatasan anggaran menjadi kendala utama dalam perlambatan pembangunan pada satu tahun masa pemerintahan Bupati Beltim, Yuslih Ihza dan Wakil Bupati, Burhanuddin. Diharapkan di 4 tahun mendatang, keuangan pemerintah pusat akan membaik sehingga memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah.

Hal ini diungkapkan Bupati Beltim, Yuslih Ihza saat melakukan syukuran doa bersama untuk satu tahun masa pemerintahan, di Rumah Dinas A1 Bukit Samak Manggar, Kamis (23/2) Malam. Perayaan sederhana tersebut dihadiri oleh masyarakat sekitar dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Beltim.

Bupati mengatakan syukuran tersebut bukan untuk hura-hura namun hanya moment untuk merenungi dan mensyukuri atas perjalanan satu tahun masa pemerintahannya berdua.

“Syukuran malam ini sebenarnya acara kita bersama, walaupun hanya sekedar ‘makan jungkong’ tapi patut kita syukuri. Kebersamaan dalam susah senang, mudah-mudah kita terus bersama” ungkap Yuslih.

Selama satu tahun ini, Yuslih mengakui masih banyak pembangunan yang belum bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Keterbatasan anggaran pada APBD yang disebabkan tidak cairnya dana dari pemerintah pusat menjadi penyebab utama pembangunan kurang berjalan maksimal.

“Masalah keuangan di pemerintah pusat juga berimbas ke kita. Namun hambatan ini bukan hanya di Kabupaten Beltim saja, seluruh daerah di Indonesia merasakan hal yang sama,” kata Yuslih.

Menurutnya ada sekitar Rp 83 milyar anggaran dari pemerintah pusat yang tidak bisa dicairkan. Ditambah puluhan milyar lagi dana bantuan (daba) dari pemerintah provinsi yang ditarik kembali.

“Angka ini kan cukup besar, untuk pembangunan masyarakat. Pembangunan pasar kita tertunda, Pantai Serdang juga gak bisa jalan. Kalau mengharapkan PAD kita belum bisa untuk mengcover semua,” ujarnya.

Terkait pembinaan jajarannya, Mantan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung itu mengatakan satu tahun ini merupakan masa orientasi kepemimpinannya. Ia ingin para pimpinan OPD dapat menyesuaikan dengan ritme dan pola kepemimpinan mereka.

“Harus ditingkatkan sinegritasnya, mungkin selama ini kurang bisa mengikuti irama kami, mudah-mudahan ke depan bisa. Type pemimpin kan berbeda-beda, kita sangat berharap para pegawai akan dapat mengimbangi,” ucapnya.

Yuslih berharap selama 4 tahun ke depan pembangunan di Kabupaten Beltim dapat berjalan dengan lebih baik dan cepat. Ia juga minta agar ada perbaikan dalam anggaran.

“Mudah-mudahan ke depan pembangunan kita bisa lebih maksimal. Niat kita sama-sama ingin membangun Kabupaten yang kita cintai ini. Kita berharap juga keuangan pusat akan membaik,” harapnya.

Bupati dan Wakil Bupati Beltim periode 2016 – 2021 dilantik pada 17 Februari 2016 tahun lalu, di Gedung Kantor Gubernur Kepulauan Bangka-Belitung. Yuslih merupakan Bupati terpilih ke 3 yang melalui proses Pilkada. @2!

Penulis: Fauzi Akbar
Foto: Azy Lakuank

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Lost your password?