Pemkab Beltim Mulai Terapkan E-Planning

Manggar, Diskominfo Beltim – Kepala Badan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Peris Nainggolan mengatakan tahun ini Pemkab Beltim akan memulai tahapan Sitem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-planning). Hal ini diungkapkannya saat mendampingi Bupati Beltim, Yuslih Ihza membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Manggar, di Aula Kantor Kecamatan Manggar, Jum’at (10/2).

E-planning adalah sebuah alat penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), KUA-PPAS Perubahan, dan RKPD Perubahan agar dapat terselesaikan dengan mudah dan tepat.

“Ini sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No 54 Tahun 2010. Dengan adanya alat bantu e-planning, BP4D dapat memaksimalkan sistem dan sitem juga mampu menyajkan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan,” terang Peris.

Peris menjamin dengan adanya penerapan e-planning perencanaan pembangunan dapat dilakukan secara sistematis. Mengingat, segala perencanaan sudah terkam dari awal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Semuanya seusuai RKPD dan dimasukkan dalam KUA PPAS. Ini juga salah satu syarat agar Kabupaten kita memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI,” ungkapnya.

Tahun 2017 ini adalah tahun pertama Kabupaten Beltim mulai tahapan e-planning. Diharapkan ke depannya E-planning akan berjalan. @2!

Penulis: Fauzi Akbar
Foto: Azy Lakuank

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Lost your password?