Bakuda Akan Lelang 48 Kendaraan Dinas

Manggar, Diskominfo Beltim – Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Belitung Timur kembali akan melelang eks kendaraan dinas di Pemkab Beltim. Rencananya pelaksanaan lelang tahap III tersebut akan berlangsung di akhir Maret 2017 ini.

Dipastikan sebanyak 48 kendaraan yang akan dilelang. 16 unit diantaranya kendaraan roda empat dan 32 unit lainnya roda dua.

Ketua Panitia Lelang Bakuda Beltim Billy Konnolly kepada Diskominfo Beltim, Jum’at (3/3) mengatakan belum bisa memastikan tanggal pasti pelaksanaan lelang. Mengingat masih menunggu penjadwalan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) serta Surat Keputusan dari Bupati Beltim.

“Yang pasti lelangnya akhir bulan ini, sebelum Bulan April. Tahun kemarin kan lelang kedua kita kan di Bulan Mei, tahun ini gak bisa KPKNL akan sibuk mulai April ini,” ungkap Billy.

Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Penatausahaan, di Bidang Kekayaan Daerah Bakuda itu menyatakan tim penilai baru saja selesai melakukan pengecekan dan pengelolaan data seluruh aset yang akan dilelang. Minggu depan baru dapat diketahui hasil penilaian berupa penetapan nilai minimum aset.

“Jadi ada nilai limit untuk masing-masing kendaraan. Penetapannya nunggu dari KPKNL terus juga harus pakai SK Bupati,” kata Billy.

Menurutnya jumlah kendaraan yang akan dilelang lebih banyak dari tahun 2016 lalu. Jika tahun lalu hanya 45 unit kendaraan, tahun ini capai 48 unit.

“Ada 4 mobil tahun lalu yang belum laku dilelang, yang lain baru tahun ini. Untuk roda dua semuanya baru tahun ini,” terang Billy.

Untuk syarat kendaraan yang akan dilelang, Billy menjelaskan usia minimal harus di atas lima tahun. Selain itu, SKPD yang mengajukan lelang harus sudah memiliki pengganti.

“Kita hanya tergantung usulan SKPD. Jika SKPD menngusulkan kendaraannya dilelang kita data, cuman sebelumnya harus ada pengganti yang akan dilelang. Kalau tidak ada pengganti dak bisa kita eksekusi,”

Terkait kondisi fisik kendaraan, Billy menyebutkan sebagian besar masih layak jalan. Namun ada juga yang disebutnya sudah tidak bisa diperbaiki.

“Kalau yang tahun 2003 ke atas masih layak jalan. Hanya yang dari tahun 2000-an ke bawah itu perlu banyak perbaikan. Satu mobil mungkin perlu dikiloan,” ujar Billy.

Untuk informasi jelas tentang kendraan yang akan dilelang, satu minggu sebelum pelaksanaan, Bakuda Beltim akan menayangkan pengumuman lelang di dua surat kabar harian di Pulau Belitung. @2!

Penulis: Fauzi Akbar
Foto: Azy Lakuank

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Lost your password?