Job Fair Sebaiknya Dilaksanakan Setahun Tiga Kali

Manggar, Diskominfo Beltim – Ratusan pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Belitung Timur dan Belitung berbondong-bondong mendatangi Job Fair Mini 2017. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DTKKUKM) Kabupaten Beltim ini berlangsung selama dua hari di SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti, Manggar, Senin (20/3).

Dengan kualifikasi pendidikan mulai dari lulusan SMP hingga strata 1 tersedia. Setidaknya ada 156 pekerjaan dari 10 perusahaan yang berkantor di Pulau Belitung menanti untuk dilamar.

Salah seorang pencaker, Kris Maulana (25) mengaku setidaknya ada 5 posisi pekerjaan yang Ia incar. Semua lowongan pekerjaan tersebut disediakan oleh hotel-hotel yang ikut dalam Job Fair.

“Ini baru pertama kali ikut. Minatnye ke pekerjaan yang ada hubungan dengan Pariwisata, soalnya hobinya kesana,” ungkap pria asal Desa Air Merbau, Tanjungpandan tersebut.

Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Jakarta itu mengatakan  kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Pulau Belitung ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para pencari kerja. Namun Ia menyesalkan minimnya informasi yang diperoleh masyakat terkait kegiatan.

“Kalau bisa informasinya lebih detail, misalnya apa-apa saja yang diperlukan. Ini kan banyak yang dak tau ada kegiatan bagus seperti ini. Asumsi kita ini kan ramai, samai ratusan perusahaan,” kata Kris.

Berbeda dengan Kris, pihak perusahaan mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan Job Fair. Malah mereka berharap ajang pencarian kerja dapat berlangsung lebih dari sekali setahun.

“Terbantu kita pak dengan adanya kegiatan ini, kalau perlu setahun tiga kali diadakan. Dak perlu pasang iklan di media, yang daftar juga lebih banyak lebih tepat sasaran dan kita jadi banyak pilihan,” ujar Kepala Cabang Ivaro Ventura, Rasyid kepada Diskominfo Beltim.

Bahkan untuk ikut dalam kegiatan ini, perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan ini sengaja mendatangkan Human Resource Development (HRD) dari Jakarta untuk melakukan seleksi langsung dengan calon pelamar yang sudah lulus seleksi administrasi.

“Nanti kan kita lakukan berbagai tahapan. Untuk seleksi kita sengaja mendatangkan dari pusat, kita butuh SDM banyak. Kita malah buka lowongan tiap hari, cuman untuk lowongan dari pusat kita butuh 11 orang,” ujar Rasyid.

Job Fair Mini Kabupaten Beltim 2017 diikuti oleh PT Nusantara Sakti Grup, Hotel Grand Hatika dan Hatika Putra Persada, Stelindo Wahana Perkasa, Max One Hotel, Indo Prima Grup, Omah Andini, PT Sahabat Mewah Makmur (SMM), Bank Sinar Mas, Ivaro Ventura, dan Hotel BW Suit. Tercatat 30 jenis lowongan pekerjaan yang disiapkan.

Sebelum mendatangi Job Fair Pencaker sebaiknya membawa keperluan administrasi seperti fotocopy ijazah terakhir, foto copy KTP dan Pas foto 3×4 dua lembar. Hal ini dibutuhkan untuk pembuatan Kartu Kuning atau AK 1. @2!

Penulis: humasadm
Tags

Login

Lost your password?