Wagub, Bupati, Wabup, Kapolres Tinjau PDAM

Manggar, Diskominfo Beltim—–Pasca banjir Belitung Timur (Beltim), Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatahbersama Bupati Beltim Yuslih Ihza dan Wabup Beltim Burhanudin serta Kapolres Beltim AKBP Nono Wardoyo kembali melakukan peninjauan ke Kecamatan Gantung, Senin (24/7).

Mengawali peninjuannya, rombongan menuju Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gantung untuk melihat pasokan air sekaligus melihat bantuan mobil tangki air, mobil instalasi pengolahan air dan peralatan menunjang lainnya.

Diungkapkan Direktur PDAM Beltim, M. Zubair, distribusi air bersih di Kecamatan Gantung sempat terhambat akibat banjir.

“Waktu banjir kemarin sempat terhambat karena adanya kebocoran. Akibatnya terjadi penurunan permukaan air baku PDAM hingga 2 meter dan kondisi air baku jadi keruh dan lumpurnya lebih pekat,” kata M. Zubair.

Walaupun kondisi demikian, kata Zubair, air baku tetap didistribusi dengan kondisi tidak bisa dikonsumsi.

“Waktu itu tetap kita distribusi tapi hanya bisa digunakan untuk mandi dan nyuci,” ujar Zubair.

Setelah adanya bantuan dari kementerian, pihak PDAM sudah bisa mendistribusi air bersih ke warga masyarakat yang membutuhkan mulai Senin (24/7).

“Kondisi air baku saat ini masih kotor tapi adanya bantuan dari kementerian, kita bisa menghasilkan air bersih 2,5 perdetik dan sehari bisa dihasilkan minimal 30 ton/hari untuk kita distribusi ke wilayah yang berdampak banjir,” kata M. Zubair.

Sementara itu Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan pihaknya terus melakukan percepatan pemulihan air bersih milik PDAM agar warga tidak kesulitan air bersih.

“Bisalah air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama warga yang berdampak banjir. Kita sudah siapkan mobil tangki air dan siapkan tong penampungan air yang besar,” kata Yuslih.

Usai melakukan peninjauan ke PDAM, wagub dan rombongan menuju dapur umum, baik yang di kampung bugis maupun di dapur umum balai negeri sebelah Mesjid Al Makmur Gantong. Di dapur tersebut masih terlihat aktifitas memasak dari para relawan untuk para pengungsi.

Setelah itu, rombongan meninjau lokasi rumah-rumah di kampung bugis, dimana masih banyak warga menjemur perabotan rumah tangganya di depan rumah hingga ke bahu jalan.

Penulis: Vera

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?