Komitmen Bersama Untuk Jaga Kerukunan, Kedamaian dan Toleransi

Manggar, Diskominfo Beltim Tiga komitmen bersama yang disepakati dalam rangkaian festival kebhinekaan daerah yang berlangsung di taman segitiga depan Kantor Camat Manggar yakni pertama, bertekat bulat menjadikan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara. Kedua, mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Beltim untuk bersama-sama menjaga kerukunan, kedamaian dan toleransi antar suku, ras, agama dan golongan. Ketiga, bersama-sama seluruh komponen yang ada di Kabupaten Beltim untuk turut serta dan bersinergi dalam melaksanakan serta mengisi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya.

Dalam acara tersebut dihadiri Bupati Beltim, Wabup Beltim, Kajari Manggar, Kabag Ops Polres Beltim, DPRD Beltim,  Pabung AU, Danramil, Danpos AL, FKUB, Ketua KONI, Kakan Kesbangpol Beltim, para camat se Beltim, FKDM, Darma Wanita, Paguyuban Tapanuli, Komunitas Wartawan Harian, Sabtu (27/1).

Komitmen bersama menutup ditandai dengan penandatanganan dan cap jempol dengan tujuan untuk menyatukan berbagai etnis, suku, budaya, agama, adat istiadat dan kesenian yang ada di Beltim. Selain itu juga adalah dalam rangka memberikan ruang gerak bagi para pelaku ekonomi kreatif.  Selama festival kebhinekaan daerah digelar, beragam seni budaya masing-masing suku/ paguyuban di Kabupaten Belitung Timur yakni 9 paguyuban dan 21 atraksi kesenian. Seni budaya yang ditampilkan yakni penampilan suku Batak, Bawean, Minang, Bugis, Melayu Belitong, Jawa, Palembang, Tionghoa, Bali dan suku Sawang. Begitu juga Pameran dan bazar.

Bupati Beltim Yuslih Ihza yang menutup rangkaian acara tersebut berharap Dalam kebhinekaan kita bisa bersatu, bisa rukun, bisa saling toleransi, bisa saling menghormati, bisa saling menghargai. Festival Kebhinekaan itu berdampak positif bagi kerukunan, keharmonisan dan kebersamaan masyarakat

Penulis: vera

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?