ASN, INI ATURANNYA DALAM PEMILU

Manggar,Diskominfo Beltim-Ketika seserorang memutuskan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara, berarti seseorang tersebut sudah siap atas segala konsekuensi yang mengaturnya, termasuk salah satunya dalam partisipasi pada Pemilihan Umum baik itu Pemilihan Kepala Daerah, Pemilihan Legislatif, dan Pemilihan Presiden.

Selama Pilkada 2018,Pileg dan Pilpres 2019  setiap ASN harus memperhatiakan UU No 5/ 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, dimana pada Pasal 2f tentang Asas Netralitas ASN disebutkan bahwa setiap Pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepentingan siapapun.

Untuk itu penting bagi ASN wajib untuk mematuhi kode etik sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 42/2004 tentang Pembinaan Jiwa korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil pada pasal 11c disebutkan bahwa PNS wajib menghindari konflik kepentingan pribadi atau golongan termasuk DILARANG  melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon / mengindikasikan terlibat politik praktis / berafiliasi dengan partai politik .

Nah untuk ASN, berikut beberapa larangan yang wajib dihindari selama Pemilihan kepala Daerah 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Penulis Wara

Foto :Panwaslu Beltim

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?