BP Geopark Ajak Siswa Cintai Alam

Manggar, Diskominfo Beltim – Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung akan mengadakan pemantauan bersama Gerhana Bulan Total di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar, Rabu (31/1) Besok Sore pukul 19.00. Acara ‘Star Party’ yang difokuskan untuk mengajarkan ilmu perbintangan kepada pelajar itu juga akan dibuka untuk umum.

Ketua BP Geopark Pulau Belitung Dyah Erowati mengatakan BP geopark ingin mengajak generasi muda untuk mengenal astronomi. Misinya agar suatu saat nanti akan ada pelaku wisata yang menggarap wisata astronomi di Pulau Belitung.

“Kita ingin mendidik anak-anak, generasi muda dan guru-guru di sini mengenai perbintangan. Supaya mereka nanti menjadi pelaku usaha astronomi,” kata Dyah.

Dyah menekankan geopark bukan hanya semat-mata mengenai raut wajah bumi. Namun banyak alternatif yang dapat dikerjakan di dalamnya, termasuk pula atmosfer dan bintang di angkasa.

“Geopark Pulau Belitung ini kan terkenal dengan langitnya yang bersih dan cerah, bebas polusi. Kalau di kota besar banyak polusi, lihat bintang itu aja susah,” ujar Dyah.

Alumni ITB 81 ini berharap agar para pelaku wisata dapat menangkap kesempatan ini dengan menjual paket-paket wisata perbintangan. Ia menyebut banyak yang bisa diolah, seperti fotografi perbintangan, penelitian perbintangan atau paket wisata malam melihat bintang.

“Orang kalau berkunjung ke sini mudah lihat milky way, gugusan bintang ada kayak cahaya pelangi. Itu kan keren, orang Jepang itu senang lihat rasi salib selatan, soalnya di sana tidak kelihatan,” ungkapnya.

Dyah pun menghimbau agar sekolah-sekolah dapat sering-sering mengajak siswanya berkemah untuk mengenal alam. Bahkan teleskop akan dipinjamkan selama satu tahun untuk mendidik siswa belajar perbintangan. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?