BUKA MUSRENBANGCAM SIMPANG RENGGIANG, BUPATI BELTIM APRESIASI PENGGUNAAN E-PLANNING

Manggar, Diskominfo – Beltim, Pelaksanaan Musrenbangcam dengan menggunakan e-planning diharapkan dapat mensinkronkan usulan desa dengan program kegiatan yang sudah ditetapkan dalam rancangan Renja masing-masing OPD. Demikian disampaikan Bupati Beltim Yuslih Ihza, SE saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) di Kecamatan SImpang Renggiang, Rabu (07/02/2018).

Musrenbangcam bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan, yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan, dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan, berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasi berdasarkan urusan.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Belitung Timur, Anggota DPRD Kab. Beltim, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kab. Beltim, Camat Simpang Renggiang beserta staf kecamatan Simpang Renggiang, Kepala Desa beserta Perangkat Desa se-Kecamatan Renggiang serta masyarakat Kecamatan Simpang Renggiang.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi penggunaan sistem E-planning dalam perencanaan pembangunan pada Musrenbangcam tahun 2019 yang mengangkat tema “Peningkatan Pelayanan Dasar Masyarakat dan Pembangunan Infrastruktur Daerah yang Mendorong Investasi dan Peningkatan Produktivitas Barang Jasa”.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi terhadap penggunaan E-planning dalam perencanaan pembangunan. Bahkan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur merupakan Kabupaten pertama yang menerapkan sistem ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, ujar Bupati.

Bupati menambahkan, dengan penggunaan E-planning, penyampaian usulan dari pemerintah desa sudah diinput secara online. Dan jika terdapat usulan dari desa yang belum terinput karena kemarin belum terpikirkan, maka agar bisa diberikan kesempatan kepada desa untuk bisa menyampaikan secara online dan langsung diverifikasi.

Bupati juga mengingatkan kepada pemerintah desa untuk peka terhadap permasalahan lingkungan dan kebutuhan masyarakat, baik dibidang pelayanan dasar (meliputi pendidikan, kesehatan, sanitasi, air minum dan jaminan sosial), bidang sarana dan prasarana (meliputi jalan dan perlengkapannya, drainase, sarpras pemukiman dan pelabuhan nelayan) maupun bidang perekonomian (meliputi pertanian, peternakan, perikanan dan KUKM).  Mengingat dalam penyampaian usulan, ketiga bidang tersebut harus diinput secara online dan harus menyertakan data pendukungnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap partisipasi dari berbagai pihak untuk terlibat aktif dalam merealisasikan visi, misi dan cita-cita daerah. Oleh karena itu, saran, masukan dan kritikan yang sifatnya membangun sangat dibutuhkan.

Penulis : Ajeng

Foto : Iskandar

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?