Dishub Akan Bangun Pelabuhan Baru

Manggar, Diskominfo Beltim – ‎Pelabuhan penyeberangan baru direncanakan akan dibangun di Pantai Serdang, Desa Baru, Manggar. Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur, Amiruddin mengatakan, pihaknya akan segera melakukan studi kelayakan wacana ini.

Amir mengaku optimistis racana ini terealisasi. Rencananya, pelabuhan penyebarangan ini dapat melayani maksimal kapal-kapal Roro berbobot hingga 150 GT. Jika Feasibility Study (FS) telah rampung, pelabuhan penyebaran Manggar yang baru akan mulai dikerjakan pada 2019 menggunakan dana APBN.

“tahun 2020 itu bisa beroperasi. Kami harus optimistis‎ karena persyaratannya akan kami lengkapi semaksimal mungkin,” ujar Amir saat mendampingi Bupati Beltim Yuslih Ihza dan Kepala Balai‎ Pengelola Transportasi Darat Kemenhub RI Wilayah VII Provinsi Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung Mangasi Sinaga, di rencana lokasi pelabuhan penyeberangan di Pantai Serdang, Manggar, Jumat (2/2).

Menurut Amir, rencana ini digulirkan guna merelokasi pelabuhan penyebarangan Manggar yang saat ini dinilai sudah tak maksimal lagi karena hal teknis seperti pendangkalan alur.‎ Pelabuhan lama tersebut juga dinilai sudah tak ekonomis untuk dimanfaatkan.

“Pendangkalan alur itu membutuhkan biaya besar untuk dikeruk. Kurang lebih dua tahun sekali, pengerukan harus dilakukan dengan biaya di atas Rp 2 miliar. Kalau dihitung-hitung mending direlokasi saja,” ujar Amir.

Selain itu, Amir mengatakan, konektivitas pulau-pulau kecil di Kabupaten Beltim perlu terhubung dan didukung dengan adanya pelabuhan penyeberangan. Ini diperlukan, selain untuk mendukung sarana transportasi penduduk pulau-pulau kecil, juga untuk mengembangkan potensi pariwisata pulau-pulau kecil tersebut.

“Pulau-pulau yang tidak berpenduduk ini, perlu dilihat potensi pariwisatanya.. kami akan sinergi dengan dinas pariwista. Mereka akan sampaikan data pulau-pulau yang memang bagus untuk diving dan snorekeling, disamping untuk penyeberangan. Kami memang belum menyiapkan ini,” tukasnya. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?