Pelabuhan Baru Lokasinya Lebih Strategis dan Punya Prospek

Manggar, Diskominfo Beltim – Kepala Balai‎ Pengelola Transportasi Darat Kementrian Perhubungan RI Wilayah VII Provinsi Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Mangasi Sinaga, mengakui, secara kasat mata, Pantai Serdang strategis sebagai lokasi pelabuhan penyeberangan yang representatif di Beltim. Lokasi ini dinilai prospektif untuk dibangun sarana pendukung pelabuhan lainnya secara terintegrasi.

‎Sarana pendukung tersebut misalnya terminal, pusat kuliner ataupun penjualan souvenir. Bahkan dengan kalau perlu ada penginapan atau hotel.

“Jadi terpadu. Intinya secara potensi ini menjanjikan,” kata Mangasi saat melakukan peninjauan rencana lokasi pelabuhan baru di Desa Baru Kecamatan Manggar, Jum’at (2/2).

Magasi menilai untuk pelabuhan ASDP lama memang kurang memadai. Selain masalah lahan dan alur yang dangkal, lokasinya juga kurang baik untuk dilakukan pengembangan.

“Gak ada cerita lagi itu (pelabuhan ASDP lama-red). Mending pengembangan disini saja lebih cocok,” ucapnya

Sementara itu, Bupati‎ Beltim Yuslih Ihza mengatakan, pelabuhan penyeberangan yang baru ini diproyeksikan akan membantu menghubungkan sedikitnya 10 pulau-pulau kecil yang ada di perairan dekat Kabupaten Beltim. Beberapa Pulau tersebut misalnya‎ Pulau Long, Bukulimau, Nangka, Sekunyit, Batun, Ayam, Pesemut, hingga Pulau Melidang.

“Selain untuk konektivitas pulau-pulau kecil, pelabuhan ini juga untuk konektivitas sabuk tengah, Belitung (Manggar) ke Kelimantan. Selain penyeberangan ini, juga untuk pengembangan pariwisata pulau-pulau kecil di Beltim,” kata Yuslih.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung berharap pembangunan pelabuhan akan segera terealisasi. Dishub akan segera melelang Fsnya pada pertengahan tahun 2018 ini.

“Saya maunya ini terealisasi, lebih cepat lebih baik,” ujar Yuslih.‎ @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?