Bupati Minta Kebersihan Pasar Diperhatikan

Manggar, Diskominfo Beltim – Pasar Lipat Kajang Manggar mulai besok, Selasa (2/2) akan segera beroperasi. Dua tahun pasar ini direnovasi.

Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza berharap ke depan pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar-pasar modern yang tumbuh dan berkembang. Dengan program pembangunan revitalisasi pasar sedikit demi sedikit akan merubah citra pasar tradional yang kurang baik dari segi kebersihan.

“Dengan telah dibangun dan direvitaliasinya Pasar Manggar ini akan tercipta suatu kondisi pasar tradisional yang bersih dan higienis. Hal ini akan memberikan kenyamanan kepada konsumen dan pedagang dalam bertransaksi jual beli,” kata Yuslih saat Peresmian Pasar Lipat Kajang Manggar, Senin (5/2) .

Dalam kesempatan itu pula, Bupati meminta agar seluruh pedagang dan pengelola pasar dapat menjaga kebersihan, kerapihan, keamanan dan kenyamanan pasar. Menurutnya hal ini penting mengingat salah satu penilaian dalam Adipura adalah kebersihan dan kenyamanan pasar.

“Tolong jaga baik-baik pasar kita ini. Jangan sampai ada lagi yang masukin motor ke dalam pasar, parkirlah di tempat yang disediakan. Sampah dan baunya juga diperhatikan,” pesan Yuslih.

Untuk menunjang pariwisata, kawasan di sekitar Pasar Lipat Kajang akan dijadikan pusat jajanan kuliner malam. Rencananya jalan raya mulai dari persimpangan pasar hingga ke arah pelabuhan ASDP Manggar akan dijadikan tempat kios makanan berjualan.

“Harapan kita pasar ini dapat lebih hidup lagi, bukan hanya di waktu siang namun juga malam. Nanti sepanjang jalan ini akan banyak orang yang berjualan, manggang ikan dan segala macam,” ucapnya saat konfresi pers seuai peresmian.

DPMPPTSPP Kabupaten Beltim sudah menganggarkan Rp 200 juta untuk pembangunan kanopi di sepanjang jalan Lipat Kajang. Dinas Perhubungan juga akan menambah lampu jalan untuk menambah semarak pusat jajanan kuliner. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?