Pemkab Beltim Akan Menindaklanjuti Hasil Rekomendasi

Manggar, Diskominfo Beltim – Menanggapi 6 rekomendasi yang diberikan oleh DPRD Belitung Timur, Bupati Beltim, Yuslih Ihza menyatakan akan segera melakukan sesuai poin-poin rekomendasi. Menurutnya Pemkab Beltim akan salah jika tidak menindak lanjuti permintaan DPRD.

“Mereka (DPRD) kan representasi rakyat, kewajiban eksekutif untuk mengikuti rekomendasi mereka. Kalau saya tidak ikuti rekomendasi, saya salah,” tegas Yuslih kepada wartawan seusai Rapat Paripurna I Tahun 2018 Penyampaian Laporan Pansus di Ruang Sidang DPRD Beltim, Selasa (6/2).

Yuslih mengakui jika beberapa poin dalam rekomendasi pansus DPRD sudah pernah ia ajukan dalam surat resmi ke Gubernur. Salah satunya adanya permohonan untuk penghentian KIP dan pemindahan KIP dari laut Beltim.

“Isinya seperti yang sudah pernah kita lakukan, cuman menambahkan saja. Besok saya rapatkan dan sampaikan langsung ke Gubernur,” kata Yuslih.

Juru bicara Forum Pemuda Membangun Beltim (FPMB), Endro Siswono mengaku tidak puas dengan hasil rekomendasi Pansus DPRD Beltim. Ia berharap kerja pansus dapat secara global membahas masalah tambang laut di Kabupaten Beltim.

“Tidak puas kami. Pada dasarnya masyarakat meminta agar seluruh wilayah laut Beltim zero tambang laut,” tegas Endro yang diamini kawan-kawan nelayan.

Pelaku Wisata Kabupaten Beltim itu menyesalkan jika pansus DPRD hanya membahas KIP PT KUP saja tidak membahas zonasi. Meski diakuinya kewenangan pertambangan dimiliki provinsi, namun menurutnya kabupaten punya hak mengelola daerahnya termasuk menentukan zonasi bagi kepentingan masyarakt banyak.

“Seharusnya kerja pansus global, sehingga uang masyarakat itu dak sia-sia habisnya. Zonasi itu kan daerah (Kabupaten) yang menentukan sendiri, bukan provinsi karena itu berhubungan dengan arah pembangunan kabupaten,” tegasnya.

Pansus Kapal Isap dan Tambang Laut DPRD Beltim mengeluarkan 6 rekomendasi kepada Pemkab Beltim. Poin rekomedasi dibacakan oleh Harjanto Jones, selaku pelapor dan diserahakn dalam Rapat Paripurna I DPRD Beltim@2!

 

Penulsi: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?