PENINGKATAN SEKTOR PARIWISATA, SALAH SATU PRIORITAS MUSRENBANGCAM SIMPANG PESAK

Simpang Pesak, Diskominfo – Beltim, Pariwisata merupakan sektor yang sangat strategis dalam pembangunan. Pengembangan pariwisata  diarahkan untuk menyejahterakan masyarakat lokal dengan cara mengelola potensi sumber daya alam dan budaya yang dimiliki. Oleh karena itu, Pengembangan pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan tahun 2019. Hal ini disampaikan Sekda Beltim, Drs. Ikhwan Fahrozi dalam membacakan sambutan Bupati Beltim, pada Musrenbangcam Kecamatan Simpang Pesak, Senin (12/02/2018).

“ poin 4, Pengembangan Pariwisata yang Didukung Komoditas Unggulan Dibidang Pertanian, Perikanan dan Industri Kreatif”, ujar Pak Iwan, sapaan akrab Sekda Beltim.

Menyikapi hal tersebut, Camat Simpang Pesak, Marwi, BA mengatakan hal ini sejalan dengan perencanaan di kecamatan yang ingin meningkatkan pariwisata Pantai Punai. Untuk diketahui, Pantai Punai masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), sehingga dibutuhkan selain peningkatan sarana dan prasarana juga peningkatan komoditas unggulan sebagai penunjang pariwisata.

“Tahun 2019, Kecamatan Simpang Pesak mengusulkan bibit kelapa wangi pandan dan buah naga untuk menjadi komoditi unggulan penunjang pariwisata”, jelasnya.

Kasi. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kantor Camat Simpang Pesak, M. Syafe’i, mengiyakan hal tersebut. Mengingat kondisi lahan di sebagian besar wilayah kecamatan Simpang Pesak sangat cocok ditanami jenis tanaman buah kelapa dan buah naga.

“Dan sebagai bentuk peningkatan ekonomi masyarakat, proses penanaman dan pengelolaan bibit tanaman tersebut akan dibagikan secara mandiri atau kelompok kepada masyarakat”, kata Syafe’i.

Musrenbangcam dilaksanakan untuk menampung seluruh usulan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2019. Kecamatan Simpang Pesak merupakan kecamatan keempat dari tujuh kecamatan di Belitung Timur yang menyelenggarakan Musrenbangcam, sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Belitung Timur.

Penulis : Ajeng

Foto : Nahwi

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?