Desa Harus Kreatif dan Inovatif Kelola Persampahan

Manggar, Diskominfo Beltim – Wakil Bupati Beltim, Burhanudin mengatakan pemerintah desa dan masyarakat harus mampu untuk berinovasi dalam membangun desanya. Tiap dusun harus mampu mempercantik desa dengan menanam bunga, sayuran buah, tanaman obat serta taman.

Hal itu disampaikan Wabup saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Sampah Nasional (HSPN) di Pantai Mudong Desa Padang Kecamatan Manggar, Jum’at (2/3).

“Tiap kampong atau RT menata kampung sebagus-bagusnya, dengan cara mereka masing-masing. Kita minta kepala desa berkreasi, berinovasi dan membuat bagus kampungnya, baik dengan penanganan sampah, tanam bunga, biar kampung dak kelihatan gersang,” kata Aan sapaan akrab Burhanudin.

Aan menilai masalah persampahan bukan semata-mata urusan pemerintah. Peran serta dan dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk memperindah dan mempercantik lingkungannya.

“Kita minta masyarakat mendukung, merubah sikap, jangan membuang sampah sembarangan tempat. Apalagi kita mau bicara masalah pariwisata, kalau kita belum ada rasa memiliki sulit,” ujar Aan.

Menurutnya yang utama perlu dikejar adalah bagaimana sosialisasi ke masyarakat untuk merubah mindset dan paradigma berpikir dalam menjaga kebersihan. Ia pun mengajak agar masyarakat dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah.

“Saya mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan generasi muda untuk mulai berpartisipasi, peduli dan menumbuhkan kesadaran mengelola sampah. Karena ini tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat melalui pengeolaan sampah yang baik,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu pula diserahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2017 tingkat Kabupaten Beltim kepada SD Negeri 5 Simpang Pesak, SDN 10 Dendang, SMP 6 Manggar dan SMP 4 Manggar.

Untuk Juara Lomba Desa Bersih Adipura 2017, Desa Lalang Kecamatan Manggar mendapat juara pertama. Sedangkan juara ke dua dan tiga, ditempati oleh Desa Baru dan Kurnia Jaya Kecamatan Manggar. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?