Kejaksaan Akan Dampingi Proyek Pembangunan di Kabupaten Beltim

Manggar, Diskominfo Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memulai kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Beltim terkait Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bupati Beltim, Yuslih Ihza dan Kajari Beltim, Widagdo di Ruang Rapat Bupati Beltim, Senin (26/3).

Pemkab Beltim membutuhkan dukungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Beltim sebagai lembaga penegak hukum melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif. Salah satunya, dengan cara memberikan penerangan hukum terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pelaksanaan pekerjaan, perijinan pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan negara.

Isi dari perjanjian itu juga menyebutkan jika Pemkab dan Kejari Beltim dapat melakukan diskusi atau pembahasan bersama untuk mengidentifikasikan permasalahan yang dihadapi dalam penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan.

Selain itu pula, Kejari Beltim dapat memberikan penerangan dan penyuluhan hukum yang dapat melibatkan instansi atau pihak lain yang memiliki kapasitas, kompetensi dan relevan dengan materi penerangan dan penyuluhan hukum yang akan disampaikan.

Bupati Beltim, Yuslih Ihza mengatakan tujuan kerjasama dengan kejaksaan adalah upaya mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Sesuai dengan Inpres Nomor 7 Tahun 2015 tentang peningkatan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di instansi pemerintahan.

“Kesepakatan bersama ini untuk melakukan pengawalan dan pengamanan, baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan. Termasuk di dalamnya upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara atau kerugian keuangan daerah,” kata Yuslih.

Dengan adanya kesepakatan bersama ini diharapkan OPD dapat memaksimalkan kinerjanya melalui pendampingan dari Kejari Beltim. Hal ini akan membuat percepatan pembangunan serta program-program strategis pembangunan daerah bisa berjalan dengan baik.

“Biar lebe tenang para pejabat pengadaan kita, dak perlu ada keraguan lagi. Yang lelang, mulailah dari sekarang biar dak terhambat pembangunan,” ujar Yuslih. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

foto: azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?