Kuota Peserta MTQ Ditambah

Manggar, Diskominfo Beltim – Sebanyak 217 orang, Qori, Qoriah, official dan pendamping dari 7 Kecamatan di Kabupaten Belitung Timur mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Beltim.

Tahun ini, giliran Kecamatan Manggar yang menjadi tuan rumah. Kegiatan MTQ dipusatkan di Mesjid Assalam I Desa Baru Kecamatan Manggar.

MTQ ke 27 dibuka oleh Bupati Beltim, Yuslih Ihza. Pembukaan ditandai dengan pemasangan jubah Ketua Dewan Hakim, Imam Syafei yang diikuti oleh 18 anggota dewan hakim lainnya.

Sebelum dibuka, para kalifah kecamatan, panitia, kelompok masyarakat dan dinas instansi. Pawai dimulai dari Halaman SD Negeri 4 Manggar menuju ke arena utama yang berjarak kurang lebih 500 meter.

Ajang dua tahun sekali ini akan digelar selama 4 hari dari Senin, (2/40) hingga Kamis (5/4). Perlombaan dilaksanakan mulai sore hari seusai Sholat Ashar hingga malam hari.

Ketua Panitia Kegiatan MTQ tahun 2018 Kabupaten Beltim, Sarjana mengatakan ada 7 cabang yang akan dilombakan. Cabang-cabang itu diantaranya, Tilawah Al Qur’an, Hifzil – Qur’an, Tartil Al Qur’an, Fahmi-Qur’an, Syahril –Qur’an, Khotil – Qur’an, dan Qiroat Al Mujawwad Qur’an.

“Seluruh lomba dilaksanakan di Mesjid Assalam. Setiap Kafilah kita siapkan tempat penginapan di rumah warga, untuk konsumsi juga kita tanggung,” kata Sarjana.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Beltim itu mengungkapkan jika di tahun-tahun sebelumnya tiap kafilah kecamatan hanya mengirimakan satu regu untuk Lomba Fahmi dan Syahril Qur’an. Namun tahun ini dua cabang lomba tersebut mewajibkan kecamatan mengirim regu putra dan putri.

“Dulunya kan dicampur, tahun ini kita bikin Putra-Putri. Kita juga menambah jumlah kuota kafilah, biasanya tiap kecamatan maksimal 30 orang, tahun ini jadi 35 orang,” ungkap Sarjana. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?