Desa Cendil Wakili Beltim Dalam Lomba Desa

Kelapa Kampit, Diskominfo Beltim – Desa Cendil Kecamatan Kelapakampit menjadi wakil Kabupaten Belitung Timur dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018. Tim Penilaian Lomba Desa Provinsi turun menyambangi Desa Cendil untuk melakukan penilaian dengan melihat langsung dan mendengarkan pemaparan kepala desa, Senin (9/4).

Jika berhasil menjadi pemenang, Desa Cendil akan memperoleh uang pembinaan Rp 35 juta dan berhak mewakili Provinsi di ajang tingkat nasional. Selain itu, Kabupaten Beltim juga akan menerima piala tetap, mengingat sudah  tiga tahun berturut-turut menjadi juara lomba desa.

Desa yang terletak di ujung sebelah Timur ini terdiri dari dua dusun dan 8 RT. Luasnya kurang lebih 10.640 hektar, dengan jumlah penduduk 1.547 jiwa dan 546 kepala keluarga.

Kepala Desa Cendil, Maman Suhermanto mengatakan desanya mempunyai banyak inovasi pelayanan masyarakat. Diantaranya, pelayanan administrasi door to door, mengantar Ranstra langsung ke rumah masyarakat, bantuan bagi siswa-siswi, mahasiswa dan atlet berprestasi, dan pelayanan kesehatan gratis.

“Kita juga mempunyai kegiatan ambulan desa, di mana masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan akan kita antar berobat ke Puskesmas Kelapa Kampit. Kita juga sedang melakukan pengembangan pariwisata desa, dengan andalan kita Hutan Kerangas dan Pulau Kran,” ungkap Maman.

Desa gudang atlet Sepak Bola Putri itu juga mempunyai berbagai produk unggulan yang diperoleh dengan memanfaatkan bahan baku dari lingkungan sekitar. Industri rumahan seperti terasi mengguru, lingking pisang, dodo kacang hijau, kerajinan dari bahan dasar anyaman, madu hutan/teran, dan teh sapu-sapu.

“Karena desa kita desa pinggiran tingkat partisipasi masyarakat kita tinggi. Bisa dilihat dari kegiatan gotong royong yang selalu ramai, serta dalam pemilu dan pilkada, rata-rata di atas 90 persen,” ujar Maman. @2!

 

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

 

 

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?