Komitmen Kades Majukan Desa Jadi Nilai Utama

Kelapa Kampit, Diskominfo Beltim – Tingginya komitmen kepala desa untuk memajukan desa dianggap sebagai alasan utama seringnya desa-desa di Kabupaten Belitung Timur menjadi juara lomba desa tingkat Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.

Sejak Kabupaten Beltim berdiri, tercatat sudah 3 desa yang berhasil mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa Gantung dan Desa Buding sudah menjuarai lomba desa berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017. Bahkan Desa Simpang Pesak Tahun 2013 lalu sempat menjadi juara nasional dan diboyomg ke Istana Negara.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi, Akhmad Karnolus mengatakan komitmen kepala desa di Kabupaten Beltim sangat tinggi. Tentu saja hal itu ditopang dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten/kota, dan OPD terkait yang mewadahi pemerintahan desa.

“Di Kabupaten Beltim ini walau kepala dinas Pemerintah Desanya berganti itu tidak akan mempengaruhi kualitas kades-kades yang ada. Desanya memang sudah bagus,” kata Akhmad saat menilai Lomba Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit, Senin (9/4).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Babel itu menyebut kondisi itu tak ditemuinya di daerah lain. Di Provinsi Babel sendiri hanya Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka dan Bangka Tengah yang selalu langganan juara lomba desa.

“Di daerah lain, campur tangan Pemerintah Kabupatennya kurang. Setiap desa memang punya dana besar, tapi kalau tidak dibantu dengan pelatihan dan pembinaan dak bisa maju,” jelas Akhmad.

Akhmad menambahkan di Provinsi Kepulauan Babel belum pernah ada Kabupaten/kota yang pernah menjuarai Lomba Desa selama tiga tahun berturut-turut. Harapannya Kabupaten Beltim akan menjadi yang pertama memperoleh piala tetap bergilir.

“Kalau untuk Beltim, kita lihat dari dua tahun terakhir kemarin secara kualitas memang lebih menonjol. Begitu juga waktu Kades memaparkan, kemasan dan penguasaan materi dan penguasaannya bagus, kita nilai desanya mampu bersaing di tingkat nasional,” ujarnya.

Tahun 2019 mendatang, Dinas Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Babel akan memberikan uang pembinaan masing-masing Rp 100 juta untuk pemenang lomba desa dan kelurahan terbaik di tingkat Kabupaten. Totalnya ada 6 desa, dan 6 kelurahan yang akan diberikan. @2!

Penulis: Fauzi akbar

Foto : Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?