Tingkat Pendidikan Salah Satu Faktor Penyebab Pengangguran

Manggar, Diskominfo Beltim – Wakil Bupati (Wabup) Belitung Timur (Beltim) Burhanudin membeberkan salah satu faktor permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten Beltim saat ini ialah tingkat pendidikan yang masih rendah, pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, dan pertumbuhan kesempatan kerja yang masih rendah. Hal demikian disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pameran jobfair tahun 2018, di SMK Negeri 1 Manggar, Jum’at, (6/4).

“secara umum masih banyak pengangguran terbuka di tujuh kecamatan di wilayah Beltim, hal ini disebabkan salah satu faktornya ialah tingkat pendidikan yang rendah pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, dan pertumbuhan kesempatan kerja yang masih rendah,” jelasnya.

Burhanudin atau yang sering disapa Aan menambahkan salah satu faktor lain permasalahan ketenagakerjaan dipicu oleh ketidakseimbangan yang diakibatkan adanya kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan pencari kerja.

“Ada masalah lain dalam permasalahan ketenagakerjaan di Beltim selain dari tingkat pendidikan yang rendah, salah satu faktornya yang dipicu oleh ketidakseimbangan yang diakibatkan adanya kesenjangan informasi antara perusahaan dengan pencari kerja,” ujar Aan.

Aan juga menjelaskan menurut data yang ada, perkembangan ketenagakerjaan di Beltim dari tahun ke tahun menunjukan perkembangan yang cukup signifikan. Menurutnya, angka pengangguran terbuka di Beltim mencapai 1.667 orang dari 63.717 orang angkatan kerja.

“dari data yang ada, dimana penduduk usia kerja Beltim pada tahun 2017 lalu mencapai lebih kurang 93.698 jiwa dan terdapat 63.717 orang angkatan kerja. Dari jumlah angkatan kerja tersebut, yang bekerja sebanyak 62.050 orang dan pengangguran terbuka berjumlah 1.667 orang,” beber Aan.(yas)

Penulis : Fauzi Akbar

Poto : Hardias

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?