Kesetaraan Pengarusutamaan Gender Perlu Perhatian Khusus

Manggar, Diskominfo Beltim – Kesetaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Belitung Timur masih perlu jadi perhatian khusus. Meski fasiltas umum pelayanan masyarakat bagi PUG sudah ada, namun kondisinya bisa dikatakan kurang memadai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Peris Nainggolan melalui Fungsionalis Perencana, Rika Rindra KH menekankan jika PUG bukan hanya fokus ke jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Namun lebih luas menjadi kesetaraan bagi kelompok yang dimarjinalkan, seperti orang miskin, kaum lanjut usia (lansia) ataupun penyandang keterbatasan fisik (disabilitas).

“Orang itu selalu nganggap kalau gender itu lebih kepada perempuan, makanya kita ingin menyamakan dan buka persepsi orang dulu. Pengarusutamaan Gender di sini itu lebih ke kelompok marjinal, fakir miskin, lansia, atau difabel,” jelas Rika saat Kegiatan Penyusunan Strategi Kebijakan Pengarusutamaan Gender di Ruang Pertemuan BP4D, Selasa (10/4).

Rika mengakui jika dalam proses perencanaan dan penganggaran untuk PUG di tiap OPD Kabupaten Beltim belum responsif. Dicontohkannya dalam pembangunan taman, trotoar atau pun jalan di Kabupaten Beltim belum banyak ditemui fasiltas khusus untuk kelompok yang dimarjinalkan tersebut.

“Misalnya di PU, kalau kita lihat perencanaan dan anggarannya belum banyak yang dialokasikan untuk fasilitas khusus itu. Padahal itu hak-hak mereka,” ungkap Rika.

Oleh sebab itu diharapkan, ke depan para pejabat perencana pembangunan di tiap OPD dapat merencanakan dan menganggarkan secara responsif kebutuhan PUG di Kabupaten Beltim. Sehingga pembangunan manusia seutuhnya di Kabupaten beltim dapat benar-benar terlaksana.

“Kegiatan ini lebih untuk ke pejabat perencananya, untuk penyusunan dan penganggaran responsif gender. Kita dari BP4D memang fokus ke perencanaannya saja, untuk teknisnya itu di Dinas Sosial,” ujar Rika. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto : Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?