Kopi dan Lada Dikembangkan Sebagai Prukades

Jakarta, Diskominfo Beltim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) siap mengembangkan kopi dan lada sebagai Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) yang digalakan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemendesPDTT) Republik Indonesia (RI).

“Potensi unggulan yang akan di kembangkan adalah kopi dan lada karena Kategori kawasan maka akan kita koordinasikan dengan lintas desa untuk ditetapkan menjadi kawasan yang akan dikembangkan,” ungkap Sekretaris Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Beltim Bayu Priyambodo saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahun 2018 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu, (9/5).

Bayu dengan optimis menyampaikan bahwa program produk unggulan ini akan terealisasikan. Ia membeberkan bahwa Pemerintah Pusat sudah berkomitmen mendorong dan mendampingi dalam produksi maupun pendanaan.

“(Pemerintah) Pusat sudah komitmen mendorong dan mendampingi dari produksi sampai ke pengolahan dan pemasaran bahkan juga pendanaan baik melalui APBN maupun mekanisme Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank penyalur yang terpenting desa desa yang akan kita tetapkan sebagai kawasan pengembangan produk unggulan (kopi dan lada.red) sudah memiliki BUMDes untuk tetapkan kawasan yang akan dikembangkan pusat,” katanya.

BP4D Beltim sesuai arahan menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, akan mendorong terwujudnya Prukades di Beltim untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. “Pemerintah daerah akan memanfaatkan program prukades tersebut dengan baik, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah sesuai dengan arahan menteri Desa PDTT”. Ujar Bayu. (yas)

Penulis : Fauzi Akbar

Foto : Hardias

 

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?