Beltim Akan Buka Beasiswa Pariwisata

Bandung, Diskominfo Beltim – Untuk memajukan pariwisata di Belitung Timur (Beltim), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim akan memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik Beltim untuk menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, yang nantinya diharapkan bisa memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Beltim. Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Beltim Evi Nardi seusai menghadiri Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Beltim dengan STP Bandung, di Kampus STP Bandung, Jum’at, (11/5).

“Tentunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menindaklanjuti MoU tersebut dibidang pariwisata. Segeralah kami akan laksanakan, mudah-mudahan tahun anggaran 2019 kita akan mengirimkan putra putri terbaik untuk sekolah di STP Bandung ini dan tentunya untuk memajukan pariwisata Beltim,” ujar Evi.

Evi juga menjelaskan kekhawatirannya kepada siswa yang mendapatkan beasiswa nantinya tidak ingin kembali ke daerahnya dan malah memilih untuk memajukan kepariwisataan di daerah lain. Oleh karena itu, Pemkab Beltim akan melakukan kesepakatan terlebih dahulu kepada siswa yang mendapatkan beasiswa untuk dapat kembali ke daerahnya dan memajukan daerahnya.

“Nah kalau itu nantinya kita akan membuat perjanjian antara Pemkab Beltim dengan siswa yang menerima beasiswa tersebut, agar setelah selesai mengikuti kuliah di STP ini agar kembali lagi ke Beltim, kalau tidak, mereka akan dikenakan semacam pinalti gitu lah, entah pengembalian berupa uang ataupun sebagainya,” jelasnya.

Senada dengan Evi, Pembantu Ketua Bidang Kerjasama dan Penjaminan Kualitas STP Bandung Erfin Roespian mengharapkan putra putri daerah yang sudah dikirim untuk belajar di STP Bandung, mau kembali lagi ke daerahnya dan tidak keasikan di Bandung sehingga lupa untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya.

“Yah harapan kami tentunya bagi putra putri daerah yang sudah dikirim untuk belajar di STP ini mau kembali lagi ke daerahnya, jangan keasikan di Bandung terus bekerja disini dan tidak mengembangkan kepariwisataan di daerahnya,” harap Erfin.

Erfin yang juga merupakan seorang Chef menjelaskan untuk Tahun ini Beltim belum bisa mengirimkan putra putrinya. Akan tetapi, untuk tahun 2019 sudah bisa mengirimkan putra putrinya yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah di STP Bandung.

“Jadi STP ini sebelumnya telah menjalin kesepakatan dari berbagai kabupaten, mereka yang sudah menjalani kesepakatan dengan kami sudah bisa mengirimkan putra putri berbakatnya untuk kuliah disini. Nah, kalau untuk Beltim mungkin bisa mengirim siswanya pada tahun depan karena kalau tahun ini waktunya terlalu mepet karena kami pada saat ini juga sudah membuka pendaftaran,” jelasnya.

          Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza seusai menandatangani MoU dengan STP Bandung menuturkan terimakasih kepada STP Bandung yang bersedia berkerjasama dalam membangun kepariwisataan Beltim.

“kami dari Pemerintah Daerah Beltim berterimakasih kepada STP Bandung karena sudah bersedia berkerjasama dalam membangung kepariwisataan Beltim. Dan sudah kita ketahui juga kan kita saat ini fokusnya ke dunia pariwisata,” tutur Yuslih.

Berkaitan dengan Pemkab Beltim yang mendapatkan kouta beasiswa dari STP Bandung, Yuslih menjelaskan ini merupakan peluang besar bagi siswa siswi yang bersekolah di SMK Pariwisata untuk bisa melanjutkan studinya dan membantu kebaikan untuk Beltim kedepannya.

“Kita mempunyai SMK Pariwisata yang ada di Manggar, makanya dengan diberikannya peluang untuk mereka bersekolah disini tentunya kami sangat berterimakasih, karena tentunya ini untuk kebaikan bagi Beltim dimasa yang akan datang,” tuturnya. (yas)

Penulis : Fauzi Akbar

Foto : Hardias

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?