Masterplan Pembangunan Kebun Raya Diserahkan ke LIPI

Bogor, Diskominfo Beltim – Pembangunan Kebun Raya Daerah (KRD) di Hutan tebat Gadong dan Keranggas akan segera direaliasasi tahun 2019 mendatang. Masterplan pembangunan baru saja diserahkan dari Pemkab Belitung Timur (Beltim) ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Perpanjangan Kerjasama pun dilakukan melalui penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman (MoU) periode 2016 – 2017. Penandatanganan dilaksanakan pada acara pembukaan workshop manajemen perkebunrayaan sebagai rangkaian kegiatan hari ulang tahun Kebun Raya Bogor yang berusia – 201 di Gedung Konservasi Kebun Raya Bogor – LIPI.

Penandatanganan perpanjangan MoU ini tidak hanya dilakukan oleh Kabupaten Beltim tetapi juga beberapa daerah seperti Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Balik Papan, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan Kabupaten Musi Banyu Asin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arbaie, ditemui di Gedung Observasi berharap Kabupaten Beltim nantinya memiliki kebun raya yang berdampak positif untuk kehidupan flora dan fauna dan bermanfaat luas bagi masyarakat.

“Kita berharap akan memiliki suatu kawasan baru yang berupa kebun raya yang sebetulnya kondisi ini jarang dan tidak ada di semua tempat, saya berharap agar di daerah kami memiliki pusat observasi dan korservasi flora dan fauna yang bisa disaksikan oleh regenerasi ke depan” kata Arbaie.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Feri mengatakan bahwa sebelumnya sudah pernah dilaksanakan MoU tahun 2016 dan berakhir tahun 2017 dan dengan ditandatanganinya MoU Pengembangan Kebun Raya Daerah, maka tugas pemerintah daerah ke depan adalah menyiapkan program yang akan memberikan penguatan kepada terwujudnya kebun raya yang memenuhi syarat.

“Sebenarnya sudah pernah MoU tahun 2016 berakhir di tahun 2017 kita mau perpanjang seiring juga dengan menyusun masterplan belum bisa di perpanjang nah tahun ini masterplan sudah jadi. Kita sudah serahkan masterplan ke pihak LIPI dan Kebun Raya Daerah, mereka berinisiatif memperpanjang MOU dan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemkab Belitung Timur,” kata Feri.

Feri berharap dengan MoU dan perjanjian kerjasama ini apa yang sudah dicanangkan di awal tentang keiinginan adanya kebun raya di Tebat Gadong khususnya untuk hutan kerangas di Belitung Timur, akan terus berkelanjutan seperti pembangunan infrastruktur kebun rayanya, dan pembentukan UPT dan bisa menjadi wisata edukasi khususnya Belitung Timur dan Belitung pada umumnya.

“Mudah-mudahan MOU dan PKS ini bisa jadi awal untuk kita mengusulkan kegiatan dan dana ke pihak Kementerian dan Provinsi karena kalau kita hanya mengharapkan dana APBD saja untuk membangun kebun raya ini akan memerlukan biaya yang sangat besar” ujarnya. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Vivi Kominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?