Dirjen Cipta Karya Imbau Pemda Mintakan Asetnya

Jakarta, Diskominfo Beltim – Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR menyerahkan total Rp 1,563 triliyun BMN kepada 195 Pemerintah Provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia. Penyerahan ini adalah periode ke dua yang dilakukan Ditjen Cipta Karya kepada Pemkab Beltim.

Tahun ini Pemkab Beltim memperoleh aset senilai Rp Rp 10.631.260.986. Tahun 2017 lalu, aset yang didapat senilai Rp 18.227.454.863.

Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Hartoyo menyebutkan masih ada total senilai Rp 30 triliyun lebih BMN di Dirjen Cipta Karya yang belum diserahkan. Nantinya diharapkan semua aset itu akan dapat dihibahkan bagi pemerintah daerah dan pihak ketiga.

“Dengan ditandatangani berita acara serah terima, maka aset kita resmi menjadi aset pemerintah daerah. Penyerahan aset ini supaya tertib administrasi, ” kata Hartoyo.

Hartoyo meminta agar seluruh Pemda di Indonesia proaktif secepatnya memintakan aset-aset Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR di daerahnya masing-masing. Aset tersebut dibangun atau diadakan oleh Kementerian PU melalui APBN dari tahun 2003 hingga 2017.

“Semakin lama aset-aset itu berada di kami akan menjadi masalah. Oleh karena itu kita himbau Pemda mengawal dan meminta terus aset-aset kami yang ada di daerah,” pinta Hartoyo.

Hartoyo berharap pemerintah daerah dapat menganggarkan untuk operasional dan perawatanya. Meski diakuinya masih banyak daerah yang mengalami kendala kekurangan anggaran operasional.

“Tentunya untuk operasionalisasi dan perawatan biayanya segera disediakan oleh APBD. Kita harapkan semua dipergunakan untuk kepentingan masyarakat,” harapnya.

Sejak dua tahun belakangan ini, Kementerian Keuangan memang sedang gencar-gencarnya meminta agar seluruh kementerian dan lembaga merevolusi asetnya. Selain itu pula, BPK RI juga merekomendaisi untuk segera menyerahkan aset kementerian yang ada di daerah atau yang digunakan pihak ketiga kepada pemerintah daerah. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?