Senin Besok THR Serentak Dicairkan

Manggar, Diskominfo Beltim – Tunjangan Hari Raya (THR) atau Gaji ke 14 bagi PNS di Pemkab Belitung Timur akan dibayarkan serentak, Senin (4/6) mendatang. Namun khusus untuk Organisasi Perangkat Daerah yang bermasalah, baru akan dibayarkan pada Kamis, (7/6) atau Jum’at, (8/6) mendatang.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Beltim, Ikawati Wibowo menjelaskan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bermasalah adalah OPD yang tidak memiliki anggaran cukup untuk pembayaran THR. Setidaknya ada 8 OPD di lingkup Pemkab Beltim yang akan berbeda waktu pembayaran THR-nya.

“Anggaran mereka hanya cukup untuk gaji pokok. Tidak menganggarkan untuk tunjangan ataupun pajaknya,” jelas Ika saat ditemui Diskominfo Beltim di ruang kerjanya, Rabu (30/6).

Diungkapkan Ika, jika memang mayoritas OPD hanya menganggarkan untuk pembayaran THR untuk gaji pokok saja. Sedangkan untuk tunjangan lainnya, belum dimasukkan dalam anggaran.

“Kan tahun-tahun sebelumnya pembayaran THR cuman untuk bayar gaji pokok, gak ada buat tunjangan,” ungkap Ika.

Sesuai edaran dari Bakuda Kabupaten Beltim, untuk Surat Perintah Membayar (SPM) THR paling lambat diterima hari ini, Rabu (30/5). Namun khusus untuk OPD bermasalah akan diproses setelah tanggal 30 Mei.

“Sambil jalan lah ini kita proses. Kita usahakan untuk yang bermasalah tanggal 7 Juni sudah masuk semua, kalau tanggal 8 takut numpuk semua” kata Ika.

Di lain pihak pembayaran TPP dalam gaji 13 sendiri masih jadi polemeik. Mengingat belum jelasnya aturan dan kemampuan daerah serta masih menunggu adanya kebijakan pimpinan untuk perintah penganggaran.

Tahun 2018 ini, Pemkab Beltim menganggarkan Rp 3,8 milyar untuk pembayaran TPP dan gaji ke 13. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?