Bulan Puasa, Yuslih Ajak Bayar Zakat

Damar, Diskominfo Beltim – Bupati Beliutng Timur, Yuslih Ihza mengajak seluruh  masyarakat Kabupaten Beltim untuk berlomba-lomba membayar zakat, baik maal maupun fitrah. Menurutnya memang lebih baik jika pembayaran dilakukan pada Bulan Ramadhan.

“Bayar zakat kan salah satu kewajiban muslim, sama dengan sholat dan puasa. Makanya masak cuman puasa saja tapi dak membayar zakat, kan berlipat-lipat pahalanya kalau dilakukan sekarang,” kata Yuslih seusai menghadiri Safari Ramadhan Pemkab Beltim di Mesjid Al Kautsar Desa Mempaya Kecamatan Damar, Rabu (30/5) Malam..

Diakuinya jika masih banyak warga yang hanya membayar zakat fitrah, tanpa sadar bahwa zakat maal juga wajib hukumnya. Bahkan, di kalangan pegawai negeri sipil pandangan seperti itu masih sering ditemukan hal ini terlihat dari minimnya jumlah pegawai yang membayarkan zakat maalnya.

“Ada sedekah, ada zakat. Kalau sedekah itu mau ngasih berapa dan apa saja boleh. Kalau zakat ada hitungannya dan rutin dibayarkan,” jelasnya.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung kembali itu mengingatkan jajarannya, khususnya PNS yang akan mendapatakan gaji bulanan dan THR untuk dapat langsung membayarkan zakatnya.

“Apalagi sebentar lagi PNS akan dapat gaji dan THR. Aturan kan tidak ada potongan THR, jangan lupa langsung dibayarkan zakatnya baik Maal dan Fitrah,” ujar Yuslih.

Tahun 2018 ini Pemkab Beltim menetapkan Zakat Fitrah sebesar Rp 35 ribu. Jumlah ini naik Rp 5.000 dari tahun sebelumnya yakni Rp 30.000. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?