Besok, Satgas Pangan Jual Daging Kerbau Tahap II

Manggar, Diskominfo Beltim – Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Belitung Timur, AKP. Ferey Hidayat mengatakan Sabtu (9/6) besok, akan masuk kembali 500 kilogram daging kerbau. Penjualan akan dilakukan di Depan Pasar Lipat Kajang Manggar, pada Minggu (10/6)  mulai pukul 09.00.

Sebelumnya, Pada penjualan tahap pertama Jum’at (8/6), sebanyak 305 kg daging kerbau habis terjual. Ratusan masyarakat antre untuk membeli, bahkan banyak yang tak kebagian.

“Dari jatah 1 ton, kita diberikan slot tiga kali pengiriman. Karena ini pesawat bawaknya makanya tidak bisa terlalu banyak, kargonya penuh,” ungkap Ferey kepada Diskominfo Beltim, Jum’at (8/6).

Ferey yang juga tergabung dalam Satgas Pangan Kabupaten Beltim itu menyatakan pembelian daging dibatasi satu orang maksimal 5 kilogram. Meski saat ini pembelian terbuka untuk umum, namun pihaknya berencana membatasi pembelian hanya dikhususkan untuk masyarakat kurang mampu.

“Kita berupaya agar semua yang hadir dapat kebagian. Kita juga sudah koordiansikan dengan dinas terkait untuk nama-nama warga yang tidak mampu,” ujarnya.

Konsumsi daging kerbau sendiri masih dianggap barang baru di Kabupaten Beltim. Pada kandungan gizinya, ternyata ada perbedaan antara daging sapi dan kerbau.

Dalam 100 gram daging kerbau mengandung kalori sebesar 79 kkal, protein 18,7 gr, 0,5 gram lemak, 14 mg kalsium, dan 3,3 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram daging sapi mengandung kalori sebesar 201 kkal, protein 18,8 gr, lemak 14 gr, kalsium 11 mg dan 2,8 mg zat besi.

Jika dilihat, kandungan kalori serta lemak pada daging sapi lebih besar dibandingkan dengan kerbau. Sedangkan kandungan protein, kalsium dan zat besi hampir sama per 100 kg-nya.@2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?