Pewarna Tektil Ditemukan di Jajanan Bazar Manggar

Manggar, Diskominfo Beltim – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang menemukan adanya kandungan zat Rhodamin B atau pewarna tektil merah pada makanan yang dijual di Bazar Kurnia Manggar. Setidaknya ada dua penganan takjil yang positif mengandung zat berbahaya tersebut.

Sebelumya BPOM Senin (28/5) lalu sudah melakukan pengawasan takjil di berbagai tempat keramaian di Kota Manggar. Salah satunya ke pusat jajanan di Bazar Kurnia Manggar.

Temuan itu diungkapkan oleh staf BPOM Pangkalpinang, Ester Junita Sinaga kepada Diskominfo Beltim, Minggu (10/6).

“Dua minggu lalu kami sudah melakukan pengawasan takjil. Kemudian kita menemukan ada Rhodamin B atau pewarna tekstil merah di dua item,” ungkap Ester.

Penemuan itu didapati saat tim melakukan test cepat. Selanjutnya hasil temuan dibawa ke Pangkalpinang untuk dilakukan test di laboratorium BPOM.

“Setelah ditemukan, kita lakukan pembinaan terlebih dahulu ke pihak sarananya. Kita gali informasi terus kita beritahu bahwa kalau memang menggunakan pewarna tersebut, kita ingatkan untuk tidak menggunakan lagi,” kata Ester.

Rhodamin B sendiri merupakan pewarna sistetis yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya digunakan pada makanan, namun juga di produk kosmetik. Jika sering memakai produk yang mengandung Rhodamin maka bisa mengakibatkan iritasi kulit, mata, saluran pernapasan, keracunan serta kanker.

Di luar dari jajanan takjil itu, Eter juga menghimbau kepada masyarakat khususnya konsumen di Kabupaten Beltim agar cerdas untuk cek klik. Konsumen harus mengecek kemasan, label izin edar, kadularsa pada lebel kemasan.

“Untuk registrasinya masyarakat bisa mendownload di playstore Cek BPOM. Kalau misalnya terdaftar izin edarnya akan muncul di sana. Soalnya beberapa produk yang dijual di Manggar ada yang pas kita cek tidak muncul tidak berlaku lagi identitasnya,” himbau Ester. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto: Azy Diskominfo

Penulis: Diskominfo Beltim
Tags

Login

Register | Lost your password?